Radar Bojonegoro

OMG, PNS  Ini Mencuri Uang Kotak Amal di Masjid
BERITA TERKAIT

KAPAS - Ini perbuatan tidak terpuji. Seorang guru ngaji dan berstatus PNS nekad mencuri uang di kota amal Masjid Nurus Sholihin, di Desa Plesungan Kecamatan Kapas. Meski terpergok mencuri M. Choirul Anam, oknum PNS itu tidak ditahan polisi. Polisi hanya  meminta tersangka yang warga Desa Prayungan, Kecamatan Sumberejo, itu wajib lapor seminggu dua kali.

Choirul Anam tepergok mencuri Selasa pagi (28/2) itu merupakan guru SDN 1 Prayungan Kecamatan Sumberrejo.  Belum diketahui dengan pasti, apa alasan pak guru ini mencuri di kotak amal. ”Tersangka juga guru ngaji,” kata Kapolsek Kapas AKP Ngatimin Rabu (1/3).

Alasan tidak ditahan, tutur Ngatimin, karena uang kotak amal dicuri hanya Rp 230.000. Sedangkan, penyidik kepolisian akan menahan tersangka jika nominal mencapai  Rp 2,5 juta. ”Jika di atasnya (Rp 2,5 juta) maka ditahan, sesuai dengan ketentuan KUHP,” ujar dia.

Apakah oknum PNS tersebut ter lilit utang? Ngatimin tidak mengetahui secara pasti. Sebab, saat diperiksa mengaku khilaf dan tidak tahu. Dalam 1 x 24 jam tersangka menjalani pemeriksaan di polsek. Rabu pagi (1/3) tersangka baru kembali ke rumahnya. Aksi tak terpuji bermula sekitar pukul 05.30, salah seorang saksi Ach Zainal, warga Desa Telah, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, mengambil air wudu hendak salat. Saksi melihat tersangka mencongkel kotak amal kayu jati dengan obeng.

Setelah dicongkel, uang receh koin dan ribuan dimasukan ke dalam tas. Saat diperiksa, oknum PNS sempat mengelak. Namun, saat tas milik korban digeledah oleh Ach Zainal, ditemukan uang recehan di dalam tas. Sehingga, tersangka tidak dapat mengelak. Tentu saja, takmir masjid segera melapor ke polisi.(mil/rij)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar